Tuesday, September 21, 2010

ILM & HILM

Nabi SAW bersabda

:” Barangsiapa Yang Mengamalkan Ilmu Yang Ia Ketahui Maka

Allah Akan Memberikan Kepadanya Ilmu Yang Belum Ia Ketahui”.

- Hadits qudsy shahih Riwayat Hakim

Dari Abu Darda Ra. berkata :

“Aku mendengar Rasulullah Saw. Bersabada,

“Sesungguhnya Allah Swt berfirman kepada Isa As. :

“Aku akan mengirimkan satu umat setelahmu (ummat Muhammad Saw.), yang jika Aku murah hati pada mereka, mereka bersyukur dan bertahmid, dan jika Aku menahan diri, mereka sabar dan tawakal tanpa [harus] mempunyai hilm (kemurahan/kemurahan hati) dan ‘ilm (ilmu) .”

Isa bertanya:

“Bagaimana mereka bisa seperti itu ya Allah, tanpa hilm dan ‘ilm?”

Allah menjawab:

“Aku memberikan mereka sebagian dari hilmKu dan ‘ilmu-Ku.”

[HR. Hakim. Katanya Hadits ini shahihmenurut syarat Bukhary, tetapi ia tidak meriwayatkannya, sedangkan adzahaby menyepakatinya". I/348]

Keterangan : Hadits ini juga terdapat pada Muntakhab hadits SyaikhulHadits Maulana Yusuf, Hadits No. 27, Bab ikhlash dan Juga terdapat pada kitab Ucapan Nabi Isa as dalam kisah-kisah literature umat islam, Tarif Khalid